Definisi penulis skenario (screenwriter)

Pengertian penulis skenario (screenwriter) - Penulis skenario atau penulis skrip adalah orang yang bertanggung jawab membuat gambaran penulisan skenario untuk media massa termasuk film, televisi, komik atau video game. 

Definisi penulis skenario (screenwriter)


Menulis skenario adalah sebuah profesi bebas. Tidak ada pendidikan yang dibutuhkan secara resmi untuk menjadi seorang penulis skrip. Jadi ha yang terpenting untuk menjadi seorang penulis skenario adalah kemampuan membangun cerita dan imajinasi yang tinggi. Seorang penulis skenario tidak bekerja sebagai karyawan tetap, namun mereka adalah pekerja kontrakan dan bebas. 

Kebanyakan penulis skenario memulai tulisan mereka dengan spekulasi, yang artinya mereka akan menulis tanpa bayaran untuk spekulasi itu. Namun itu terjadi ketika seorang penulis skenario masih dalam level amatir. Ketika ia telah menjadi seorang profesional dan diwakili oleh agensi yang hebat, maka dia, sebagai seorang penulis skenario, akan sangat jarang bekerja tanpa dibayar.

Skenario yang sudah jadi pasti dimulai dengan sebuah pemikiran atau ide yang digunakan oleh para penulis skenario untuk menyusun ide tersebut menjadi sebuah skrip, menjualnya dengan harapan akan mendapat perhatian positif. 

Beberapa bagian dari penulisan skenario didasarkan pada properti yang sudah ada seperti biografi atau kisah seseorang, hasil adaptasi dari sebuah buku, novel, komik, majalah, artikel atau apa saja yang sudah pernah terbit atau akan terbit. 

Perjalanan sebuah skrip film diawali ketika sebuah skenario telah diselesaikan oleh seorang penulis, lalu ia kemudian berpasangan dengan perwakilan dalam dunia industri film seperti produser, sutradara, pengacara atau profesi lain dalam industri itu. Setelah itu, mereka akan mengajukan skrip film tersebut ke penanam modal (investor). Setelah skrip berhasil dijual, penulis hanya akan memiliki hak yang telah disepakat dengan pembeli. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel