Definisi Box Office dalam Film

Pengertian Box Office dalam Film - Box Office adalah tempat di mana tiket-tiket dijual ke publik dalam rangka mengikuti sebuah acara/ even. Dalam arti luas, definisi box office sering digunakan dalam konteks industri film, sebagai sebuah sinonim terhadap jumlah yang dihasilkan dalam sebuah film atau teater.

Definisi Box Office dalam Film


Bisnis box office dapat diukur lewat jumlah tiket yang terjual atau jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan tiket tersebut. Menjadi penting sebagai tolak ukur melihat ketertarikan para fans.

Pada akhirnya box office digunakan sebagai penentu apakah sebuah film menguntungkan atau tidak, meski tidak secara langsung dibandingkan dengan biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan film. 

Box office dapat dilihat dari nilai penjualan tiket pada satu negara atau beberapa negara yang dilakukan pada hitungan minggu atau bulan. Seringkali menjadi sulit untuk menentukan keuntungan pasti pada industri film karena mereka sudah melakukan mark-up pada nilai biaya produksi, yang kemungkinan dilakukan agar tidak terlihat terlalu menguntungkan.

Namun setidaknya jika katakanlah sebuah film mengeluarkan dana US$20 juta, lalu menghasilkan US$40 juta pada minggu pertama, maka film tersebut dianggap telah sukses, karena bagaimanapun, film tersebut sudah dapat mengembalikan pengeluaran mereka dalam waktu singkat. Belum lagi laba jangka panjang yang akan diterima lewat penjualan seperti TV kabel, streaming on-demand, penjualan keping DVD, dan lainnya.

Contoh kegagalan box office adalah seperti film This Means War, dengan pengeluaran US$65 juta, mereka menghasilkan US$33,5 juta pada box office dua minggu rilis. Meski pada akhirnya mampu menghasilkan hingga US$130 juta, namun penjualan box office tidak tercapai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel