Ziarah (2017), sinopsis, pemain [Ponco Sutiyem, Rukman Rosadi]

Ziarah (2017), sinopsis, pemain [Ponco Sutiyem, Rukman Rosadi]


Sinopsis Ziarah, film drama dengan jadwal tayang 2017, durasi 1 jam 27 menit, sutradara dan produser serta penulis skenario BW Purba Negara, dengan pemain utama Ponco Sutiyem, Rukman Rosadi, Ledjar Subroto, Vera Prifatamasari. Mayoritas menggunakan bahasa Jawa.




Saat itu Tahun 1948, terjadinya Agresi Militer Belanda ke 2. Mbah Sri terpaksa hidup terpisah dari suaminya, Prawiro yang kini berangkat ke garis depan pertempuran. Setelah perang selesai, Mbah Sri menunggu kembalinya suami yang ternyata tidak pernah kembali lagi. 

Kini waktu telah berlalu begitu lama, puluhan tahun sudah Mbah Sri tetap menjanda, sementara sahabat-sahabat yang pernah dikenalnya sudah meninggal telah dikuburkan disebelah suami mereka. Mbah Sri berharap suatu ketika jika dia telah meninggal nanti, dia berharap menemukan tanah yang terbaik untuk menjadi tempat pemakaman bagi dirinya dan berada di samping suaminya - namun hingga kini, dia tidak mengetahui nasib suaminya itu.

Suatu hari, saat itu tahun 2012, Mbah Sri bertemu dengan seorang veteran yang mengetahui tentang nama Prawiro, meyakinkan Mbah Sri bahwa ia mengenal pria itu. Dia mengatakan bahwa Prawiro telah tertembak oleh tentara Belanda pada tahun 1949. Mbah Sri yang mendengar pernyatan itu berada dalam situasi yang tidak menentu. Dia kemudian memutuskan untuk mencari di mana makam suaminya.

Perjalanan panjang Mbah Sri, tidak sekadar mencari sepetak tanah untuk menjelajahi sejarah cintanya, tetapi lebih dari situ, ia juga berusaha menelusuri apa yang pernah terjadi dengan bangsa ini. Dan ia akan menemukan cinta dengan cara tak terduga.

BW Purba Negara adalah sutradara yang sama yang juga menggarap film lain seperti Kamu di Kanan Aku Senang, Bermula dari A, Say Hello to Yellow, Berdi di Atas Kaki Sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel