Sinopsis Dune

Sinopsis Dune, film tentang planet Arrakis di masa depan, adaptasi novel karya Frank Herbert

Dune

Sinopsis Dune, film action adventure sedang dikembangkan oleh Legendary Entertainment selaku perusahaan distributor yang akan mensponsori film ini bersama produser Cale Boyter, Brian Herbert, Mary Parent dan Thomas Tull. Diangkat dari novel karya Frank herbert berjudul The Great Dune Trilogy - Dune, Dune Messiah, Children of Dune.

Legendary telah mencapai kesepakatan bersama Frank Herbert untuk mengangkat kisah tersebut ke dalam film layar lebar maupun film televisi, dan dua perusahaan, Legendary dan Universal Pictures akan mengembangkannya untuk pasar global.

Diset berada di masa depan, bercerita tentang Paul Atreides, yang keluarganya telah menerima pengendalian atas planet gurun pasir Arrakis. Sebagai satu-satunya produsen dari sumber daya bernilai tinggi, pengendalian Arrakis sangat didambakan oleh banyak keluarga. Setelah Paul dan keluarganya dikhianati, kisah ini kemudian masuk dalam intrik politik, ekologi, emosi manusia, keyakinan dan hubungan antara manusia dan alam semesta -- Paul memulai pemberontakan demi mengembalikan status kendali Arrakis pada keluarganya.

Film dengan mengangkat kisah ini sudah pernah dibuat pada tahun 1984 oleh David Lynch dan menjadi favorit banyak pihak, meski diketahui bahwa apa yang ditampilkan pada film tidak selaras dengan apa yang telah dibaca oleh para pemilik novel klasik itu. Tetap saja, novel ini telah menjadi acuan bagi film-film besar fiksi seperti Star Wars dan The Matrix.

Tahun 2009 John Harrison mengadaptasi buku tersebut menjadi miniseri sci-fi termasuk rencana Pramount Pictures sekitar 10 tahun lalu untuk membawa kisah tersebut ke layar lebar bersama sutradara Peter Berg, meski Berg kemudian menolak rencana itu, mengatakan bahwa skenario seperti itu tidak tepat untuk dia yang digantikan oleh Pierre Morel dan tetap saja tidak jalan.

Dune adalah sebuah novel yang dipublikasikan tahun 1965 dengan lima sekuel yakni: Dune Messiah, Children of Dune, God Emperor of Dune, Heretics of Dune, dan Chapterhouse: Dune.

Setting

Sekitar 21.000 tahun di masa depan, dimana manusia telah menetap di planet-planet yang tak terhitung jumlahnya, dan semuanya dikendalikan oleh pemerintahan aristokratis Great House yang punya utang budi kepada Padishah Kaisar Shaddam IV. Meski bentuk-bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang sangat pesat sejak abad kedua puluh, kecerdasan buatan dan komputer canggih tetap dilarang. Akibat tidak adanya teknologi ini, manusia harus menyesuaikan pikiran mereka untuk mampu menghadapi tugas-tugas ekstrim dan rumit, termasuk pengetahuan perhitungan mental, yang dikendalikan oleh Mentat terlatih. Bene Gesserit yang berkuasa, yang berharap memajukan umat manusia lewat pengendalian perkembangbiakan, dan jarak antar persekutuan, yang memegang monopoli hukum perjalanan antar planet, termasuk memfasilitasi kemampuan mental mereka menggunakan semacam herbal (disebut melange). Penggunaan melange ini juga akan meningkatkan kesehatan secara umum, memperpanjang umur serta dapat memberikan pengetahuan terbatas.

Melange dapat ditemukan di wilayah planet gurun Arrakis, merupakan seesuatu yang sangat bernilai tinggi yang bahkan seringkali digunakan sebagai alat tukar mata uang pengganti. Perusahan CHOAM, yang menentukan pendapatan dan perputaran keuangan masing-masing Great House, mengendalikan sepenuhnya penggunaan melange. Navigator persekutuan tergantung pada ketersediaan melange untuk memberikan perjalanan yang aman di dalam pesawat mereka, yang disebut heighliners, sebuah kapal kargo raksasa yang mampu mengangkut orang, barang dan pesawat angkasa non-antar planet dengan kecepatan lebih cepat dari cahaya. Persaudaraan kaum perempuan, Bene Gesserit bergantung pada kemampuan mental dan fisik yang disediakan oleh melange, kekuatan yang ditemukan bahkan lebih baik pada para ibu di Bene Gesserit, yang telah menjalani ritual mematikan untuk membuka memori milik mereka yang lain, rasa ego serta pengalaman dari perempuan pendahulu. Namun karena Bene Gesserit tidak mampu membuka memori para pria pendahulu, Bene Gesserit punya sebuah rahasia, program perkembangbiakan yang telah berumur ribuan tahun, dengan tujuan untuk menghasilkan Bene Gesserit jenis laki-laki yang disebut Kwisatz Haderach. Kwisatz Haderach akan punya kemampuan untuk mengakses semua jenis memori dari para pendahulu pria yang akan mampu mendapatkan "kekuatan mental organik" yang akan menjadi "jembatan dan waktu antar ruang". Dengan Kwisatz Haderach berada di bawah kendali mereka, Bene Gesserit berharap untuk memandu umat manusia menuju tujuan mereka, dan pada waktunya, mereka percaya bahwa rencana ini telah mendekati hasil.

Planet Arrakis adalah sebuah planet yang benar-bentar tertutup dalam sebuah ekosistem gurun kering yang sangat mematikan, yang tentu saja jarang dihuni oleh populasi manusia kecuali warga pribumi, Fremen, pejuang ganas yang telah menyesuaikan diri dengan iklim yang keras yang diam-diam ternyata mampu mengendarai cacing pasir raksasa di planet itu. Fremen juga punya jenis ritual yang rumit dan sistem yang terfokus pada nilai dan konservasi air di planet gersang itu; mereka melestarikan air suling dari kematian, bahkan mempertimbangkan jika meludah adalah suatu jenis salam terhormat, melihat air mata yang jatuh ketika berhadapan dengan yang mati adalah bukti penghormatan paling mendalam (sebagai bukti bagaimana air menjadi hal yang sangat penting bagi makhluk hidup di sana).

Novel menunjukkan jika Fremen bahkan telah beradaptasi dengan lingkungan secara fisiologis, di mana darah mereka akan membeku seketika untuk mencegah kehilangan air. Budaya Fremen juga menghargai melange, yang ditemukan di padang pasir itu dan dipanen dengan bahaya besar dari serangan cacing pasir yang selalu tertarik atas gerakan ritmis yang terjadi di dune. Bene Gesserit berupaya menjalankan misi dengan menanamkan agama dan ramalan di Arrakis yang dapat digunakan sebagai hal positif bagi jenis Bene Gesserit apa saja yang mungkin berada di planet itu. Penipuan ini telah membuat Fremen yakin atas mesias laki-laki, Lisan al-Gaib atau "tulisan dari dunia lain", yang merupakan nubuat dari sesuatu bahwa suatu hari akan ada perubahan pada Arrakis untuk menjadi sebuah dunia yang lebih ramah.

COMMENTS

Name

aksi,339,animasi,1,artist,28,box-office,27,drama,900,fiksi,161,horor,297,indonesia,34,komedi,266,movie,2,news,965,Slider,13,sport,1,thriller,259,
ltr
item
Referensi Film: Sinopsis Dune
Sinopsis Dune
Sinopsis Dune, film tentang planet Arrakis di masa depan, adaptasi novel karya Frank Herbert
https://3.bp.blogspot.com/-npGo-tJFIig/WDSI7wOZBQI/AAAAAAAAfOQ/yExeLr61My8xqwwEN1bjFbfbIgP073t9wCLcB/s400/Untitled-1%2Bcopy.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-npGo-tJFIig/WDSI7wOZBQI/AAAAAAAAfOQ/yExeLr61My8xqwwEN1bjFbfbIgP073t9wCLcB/s72-c/Untitled-1%2Bcopy.jpg
Referensi Film
http://www.filmbioskop.co.id/2016/11/sinopsis-dune.html
http://www.filmbioskop.co.id/
http://www.filmbioskop.co.id/
http://www.filmbioskop.co.id/2016/11/sinopsis-dune.html
true
782096678041358743
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy